Reportage

Layanan Baru dan Diskon di HUT 12 Qwords

Dulu banget, aku pernah cerita tentang membeli domain di Qwords. Aku menuliskan step by step-nya. Sudah hampir 2 tahun aku memutuskan semua blogku mempunyai Top Level Domain. Qwords menjadi pilihan. Sampai sekarang, belum terpikirkan untuk pindah ke lain hati … eh, penyedia domain.

Di tahun keduaku bersama Qwords, ternyata Qwords sudah memasuki tahun 12. Qwords sudah 12 tahun. Qwords berdiri tahun 2005. Aku bahkan belum kenal Google di tahun itu, tapi Qwords sudah berkibar sebagai penyedia domain dan web hosting di Indonesia.

Qwords memulai langkah pada 24 Agustus 2005. Lalu, 12 tahun kemudian, Qwords merayakan ulang tahunnya bersama para blogger di 4 kota: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Kami diundang melihat-lihat kantor Qwords di masing-masing kota. Jadi, jam 11 pagi itu kami sudah bersiap duduk cantik di kantor Qwords.

Layanan Baru dari Qwords

Nggak lengkap dong, ya, hajat 12 tahun tanpa sesuatu yang baru. Seperti halnya manusia, perusahaan pun harus mengembangkan diri. Karena itu, di tahun ke-12 ini, Qwords banyak mengeluarkan produk baru.

Cloud Hosting

Sebelumnya, Qwords sudah punya cloud hosting. Cloud hosting ini dibagi menjadi personal dan business. Ternyata, sepertinya itu belum cukup. Banyak pengguna yang membutuhkan cloud hosting lebih. Karena itu, Qwords membuat cloud hosting baru di lini yang diberi nama Maxx. Kapisatasnya tentu lebih besar.

WordPress Hosting

Dulu, pengguna WordPress mungkin belum banyak. Susah diotak-atik. Masih lebih mudah blogspot. Sekarang, WordPress pun berimprovisasi sehingga lebih mudah diotak-atik. Penggunanya pun semakin banyak.

Karena itu, Qwords mengeluarkan produk baru bagi para pencinta WordPress. Qwords juga menyediakan layanan gratis migrasi. Bagi yang mau coba, ada free trial 30 hari.

Cloud VPS-K

Sebelumnya, Qwords sudah punya Cloud VPS. Kalau shared hosting dirasa belum cukup, belum puas otak-atik, VPS bisa menjadi pilihan. Mereka bisa menyewa server dengan budget terbatas.

Kalau VPS belum cukup juga, ada VPS-K atau VPS KVM (Kemes-Based Virtual Machine). Pengguna akan mendapatkan akses penuh ke server. VPS-K ini bisa digunakan untuk Linux maupun Windows.

ECCS

Pernah lihat alamat email yang bukan Gmail atau Yahoo? Pasti pernah, ‘kan? Salah satunya bisa dibuat dengan layanan ECCS (Email Cloud Collaboration Suite). Alamat email bisa dibuat menjadi nama pribadi atau perusahaan. Hal ini bukan sekadar gaya-gayaan. Email semacam ini bisa menjadi branding.

Fitur-fiturnya ada banyak. Kapasitasnya pun besar, 25GB. ECCS bisa diakses online maupun offline. Dokumen di ECCS pun bisa dilihat secara offline. Untuk keamanan, setiap domain akan mendapat Free SSL dari letsencrypt dan antispam. Tentunya, fitur lainnya pun masih banyak.

G Suite

Bukan cuma ECCS yang menyediakan nama domain dengan nama milik pengguna. Google pun bisa dibuat demikian. Dengan G Suite, nama domain bisa di-custom, akses ke layanan-layanan Google pun tetap bisa digunakan sepuasnya. Kegiatan perkantoran akan didukung produk-produk Google, seperti Gmail, Hangout, Google Calander, Drive, Docs, Sheets, Play, dsb.

Office 365

Kalau G Suite dari Google, Office 365 dari dari Microsoft. Pengguna akan mendapatkan email dengan nama domain sendiri yang terintegrasi ke layanan-layanan Microsoft, seperti One Drive, Word, PowerPoint, dsb.

SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah lapisan keamanan untuk melindungi suatu website. Setiap data yang masuk akan dienskripsi. Kalau mau bertransaksi online, SSL ini penting ada di suatu web. Gunanya, untuk memastikan web tersebut bukan web abal-abal, bukan web penipuan, bukan web tiruan.

Cara tahu ada tidaknya SSL di suatu web cukup mudah. Kalau pernah melihat ada tanpa GlobalSign, GeoTrust, AlphaSSL, dan semacamnya di suatu web, berarti web itu sudah menggunakan SSL.

Selain itu, web dengan SSL ditandai dengan gembok hijau di addressbar. Lalu, yang lebih aman lagi kalau nama web yang berwarna. Kalau suatu web sudah mempunyai 3 ciri itu, terutama gembok dan nama hijau, berarti hampir bisa dipastikan aman. Kenapa? Karena proses untuk mendapatkannya cukup panjang. Harus verifikasi ini-itu.

Diskon dan Kompetisi

Banyaknya produk yang diperkenalkan kali ini, cukup membuat kepala panas. Dompet juga panas kalau ingin segera coba.

Well, bertepatan dengan ulang tahun, Qwords juga mengadakan banyak promos, sih. Ada promo hosting, VPN, domain, bahkan SSL. Masa domain dotcom cuma 50ribu. Ternak blog, nggak, yaaa? Lol.

Infonya di web Qwords, yaaa.

Selain Sale bertajuk Salebration, Qwords juga mengadakan kompetisi blog, vlog, dan kesan. Hadiahnya lumayan. Kompetisi ini berlangsung sampai tanggal 5 September 2015. Infonya di https://www.qwords.com/qwords12/.

Tur ke Data Center

Acara jalan-jalan memang selalu paling ditunggu. Jangankan ke Raja Ampat, ke data center saja kami excited kok. Data center nggak boleh dimasuki sembaran orang. Jadi, hal ini memang kesempatan yang menyenangkan bagi kami.

Di depan data center, ada ruang operasional. Nah, mas dan mbak di sini yang selalu siap sedia membantu pelanggan. 7 hari seminggu, 24 jam sehari. Mereka dibagi ke dalam 3 shift kerja.

Lalu, masuklah kami ke dalam data center. Terlebih dahulu, kami diminta melepas alas kaki. Udara dingin langsung menyambut begitu memasuki area ini. Suhu di sini dijaga supaya stabil dan tidak melebihi 20 derajat Celcius.

Di sini, kami melihat komputer-komputer besar. Lemari di rumah saja kalah.

Yang menurutku unik, dari bagian bawah juga keluar udara. Ada beberapa bagian lantai yang mempunyai ventalisi. Udara dingin juga keluar dari sana.

Karena berisi data-data penting, nggak semua bagian bisa dilihat-lihat dan difoto. Nggak apa deh. Sudah puas bisa melihat gambaran rumah blog seperti apa.

Potong Tumpeng

Acara ulang tahun identik dengan potong tumpeng atau tiup lilin. Kali ini, adanya potong tumpeng. Sambil potong tumpeng pun terucap doa supaya Qwords semakin sukses.

Thanks for having us! Semoga Qwords semakin maju, semakin banyak penggunanya, semakin memberikan yang terbaik kepada pelanggan. ^^

 

 

2 Comments

  1. Salut sama Qwords, selalu menghadirkan sesuatu yang baru ya. Beruntung pilih Qwords 🙂

  2. Saya jadi nambah ilmu pas datang ke acara ini Mbaa, ilmu per-website-an 😀 Walo cuma dikit, tapi mayanlah, jadi lebih tau, hehe

Leave a Reply

Required fields are marked*