mixing-desk
Advertorial, Opinion

Seputar Kuliah Broadcasting di Jakarta

 

 

Sudah bulan Maret. Anak-anak kelas 12 biasanya semakin gencar mencari universitas tujuan. Persaingan sekarang ini semakin ketat. Walaupun begitu, pilihan tempat kuliah dan jurusan juga semakin banyak.

Dulu, mungkin kuliah broadcasting menjadi pilihan ke sekian. Sekarang, jurusan ini semakin diminati, terutama di kota besar, seperti Jakarta. Ibukota negara ini adalah pusat segala industri broadcasting terkemuka di Indonesia. Beberapa universitas sudah memasukkan kurikulum broadcasting ke dalam jenjang Strata 1-nya, contohnya Kalbis Institute, atau biasa disebut kampus Kalbe BINUS; BSI; dan sebagainya.

Sebetulnya, apa itu broadcasting?

Broadcasting adalah suatu proses pengiriman informasi dari seseorang atau produser kepada masyarakat melalui proses pemancaran sinyal atau elektromagnetik ke berbagai lokasi secara bersamaan. Di dalam ilmu komunikasi, broadcasting merupakan subdisiplin ilmu komunikasi terapan yang khusus mempelajari pengemasan pesan melalui media massa elektronik sepertit elevisi, radio, dan internet (Wahyudi, 1996).

Nah, apa saja yang dipelajari oleh para mahasiswa jurusan broadcasting? Hal-hal berikut mungkin bisa menambah informasi bagi kamu yang ingin kuliah broadcasting atau hanya sekedar penasaran.

kuliah-broadcasting-binus
Studio Radio di Kampus Kalbe

Ilmu-ilmu dasar yang dipelajari di jurusan broadcasting antara lain :

  • Pengantar dunia broadcasting atau penyiaran: mempelajari segala sesuatu yang ada pada radio dan televisi, seperti perlengkapan dan tenaga kerja yang diperlukan.
  • Pengantar ilmu komunikasi: mempelajari cara-cara berkomunikasi dengan baik melalui media elektronik.
  • Fotografi: mempelajari teknik foto yang baik yang melibatkan pencahayaan, sudut pengambilan dan sebagainya.
  • Announcing: mempelajari tentang cara berkomunikasi atau berbicara kepada publik secara benar danjelas, dengan teknik pernafasan yang baik.

Yang jelas, bagi kamu yang kurang suka  dengan Matematika atau menghitung, pasti akan enjoy kuliah broadcasting karena tidak ada mata kuliah Matematika di sini. Yaa, mungkin hitung-hitungan masih ada, tapi tidak banyak. Hidup saja butuh perhitungan, ‘kan?

Untuk tugas-tugas perkuliahan, umumnya mahasiswa akan diminta untuk membuat project antara lain video klip, film pendek (FTV), film dokumenter, drama, dan sebagainya. Setelah itu, di akhir perkuliahan, mereka membuat sebuah simulasi siaran, seperti layaknya kegiatan penyiaran yang sebenarnya.

Kurikulum di jurusan broadcasting ini didominasi oleh praktik, bukan kuliah teori tatap muka seperti perkuliahan pada umumnya. Keuntungan berkuliah broadcasting di Jakarta adalah mahasiswanya dapat melakukan kunjungan ke beberapa stasiun radio dan televisi terkemuka di Jakarta, seperti Kiss Fm, Prambos Fm, Trans TV, Metro TV, Karnos Film, dan sebagainya. Salah satu kampus yang memiliki sarana dan fasilitas belajar broadcasting yang sangat lengkap adalah kampus Kalbe (Kalbis Institute), mulai dari studio radio, studio fotografi, studio penyiaran, dan masih banyak lagi.

kuliah-broadcasting-kalbe-binus
Studio Broadcasting di Kampus Kalbe

Setelah lulus, banyak sekali peluang kerja yang bisa diraih, seperti menjadi broadcaster (eksekutif produser, sutradara, copywriter, dan lain-lain), announcer (presenter, reporter, penyiar radio), Jurnalis (news dubber, wartawan, media researcher), MC, event organizer, dan masih banyak lagi. Menarik, ‘kan? Kalau tertarik, langsung saja daftar menjadi mahasiswa baru di tahun ajaran baru ini di kampus Kalbe yang berlokasi di Jl. Pulomas Selatan kav. 22 – 13210, Jakarta Timur.

5 Comments

  1. Dulu suka ngepoin mata kuliah tmn belajar broadcasting (anak komunikasi). Seru ya, apalagi kalau ada praketeknya gtu 😀

  2. Wah, jadi ingat masa2 kuliah nih. Pernah ngelamar jadi penyiar radio! Hahaha …
    Teknik pernapasan harus khatam tuh. Kebayang aja kalo pas siaran terus disisipi napas ngap2an. Hehehe …

  3. jamannya jadi pendengar setia prambors, aku pernah kepingin jadi penyiar radio atau host di acara tv, kayaknya seru ya kerja di dunia broadcasting … sayang aku lebih piawai menulis daripada ngomong

  4. Dulu kalau liat anak-anak yangkuliah broadcasting suka ngiri, kayaknya asik banget kuliahnya
    Praktiknya apalgi. Trus pakaian mereka biasanya modis-modis hehe

    Enaknya yang kuliah di Jakarta, banyak stasiun TV yang bisa jadi tempat praktik langsung ya
    Pasti menyenangkan

  5. Halo mbak Afifah 🙂 Ini sekolahnya keren bgts ya…Bisa langsung praktek…tapi kalo aku susah tuh cuap2 mendingan nulis hihihiihi….

Leave a Reply

Required fields are marked*