Opinion

Sering Datang ke Event Blogger, Memangnya Menguntungkan?

 

Selamat Hari Sabtu!
Hari Sabtu berarti seharusnya ada Sabtu Kenalan. Berhubung masih ada giveaway di Sabtu Kenalan minggu lalu, jadi Sabtu Kenalan libur dulu minggu ini supaya kalian ikutan GA itu dulu. *modus*
Hari ini, kita ngomongin event blogger dulu. Sekaran ini (mungkin dari dulu tapi aku baru tahu) blogger sering banget terbang dari event ke event. Hari Sabtu biasanya timeline penuh oleh live tweet. Kemudian, satu blogger terbang dari event satu ke event lain.
Sebagai blogger newbie (new niatnya buat jadi blogger), aku baru belakangan ini datang ke event-event.
Event pertama yang aku datangi adalah halal bihalal KEB. Itu bukan pertama kalinya aku bertemu langsung para blogger, tapi itu pertama kalinya event yang memang untuk blogger.
Aku ikut halbi juga karena aku sudah mulai senggang. Sudah lulus gitu, loh *pamer detected*. Dari situ, barulah aku makin tahu bahwa event blogger itu ternyata banyaaak.
Mulai dari event hepi-hepi, event serius, sama event yang memang ditujukan untuk diliput.
Kebanyakan, event itu diselenggarakan di Jakarta. Untungnya aku di Bogor. Tinggal naik kereta.

Kadang-kadang, aku lebih suka ke Jakarta daripada di Bogor kalau lokasi di Bogor-nya sulit dijangkau. Event blogger kan seringnya Sabtu. Bogor di hari Sabtu itu sesuatu banget. Maceeeet. Sedangkan event di Jakarta biasanya di tempat yang mudah dijangkau dengan kereta atau transjakarta. Kalau di hari biasa, Bogor atau Jakarta, sama saja.

Ongkos ke Jakarta pun tidak jauh beda dengan di Bogor. Naik kereta Bogor-Sudirman atau Kota saja hanya Rp5000. Lalu, kalau harus naik angkutan ke tempat tujuan kira-kira Rp4.000. Ongkos dari rumah ke stasiun nggak dihitung, Fah? Rumah aku dekat stasiun. Biasanya, aku diantar. Kalaupun tidak, ongkos angkotnya Rp3.500.

Angkot di Bogor jauh-dekat Rp3.500. Tapi ada juga yang jauh malah jadi Rp5.000. Belum lagi, angkot di Bogor harus nyambung-nyambung. Aku nggak mau ngitung, ah.
Walaupun kadang ongkos di Bogor lebih murah, entah kenapa, aku merasa lebih rugi. Mungkin karena naik angkot tidak bisa tapping, jadi pengeluarannya terasa lebih banyak. Padahal mah sama saja. Hehe.
Tips hemat datang ke event?

Maaf aku tidak punya. Kan ongkos mah segitu-gitu saja.

Hmmm. Mungkin bawa minum. Walaupun di event mungkin disediakan air minum, siapa tahu di jalan haus. Usahakan perut kenyang jadi tidak perlu beli makanan. Nah, supaya bisa sarapan, tentu harus bangun lebih pagi. *ini tips apa, sih*

Intinya, aku tidak punya tips.

Aku jarang memikirkan ongkos sih, yang penting bisa sampai dan kembali dengan selamat. 😛

Aku belum terlalu sering menghadiri event.bisa dilihat di kategori “Reportage” di side bar, isinya masih sedikit.

Biasanya, aku menghadiri event yang memang menurutku menarik. Jadi bukan hanya untuk asal isi blog, melainkan juga supaya aku mendapat pengetahuan baru.

Berhubung aku belum kuliah lagi *curcol detected*, aku suka menggali pengetahuan dari mana-mana. Ada kepuasaan sendiri ketika mendengarkan penjelasan secara langsung daripada sekadar baca di internet.

Sambil mendengarkan penjelasan, pikiranku bisa terbang ke mana-mana, tetapi tetap sesuai area yang ditentukan. Misalnya, narasumber memberikan penjelasan A, aku terbang ke A1, A2, A3. Kalau hanya membaca reportase orang lain, aku hanya akan fokus membaca.

Kadang-kadang, aku juga datang ke event hanya karena mau jalan-jalan, sih. Maklum, seminggu full di rumah itu membosankan. Walaupun kadang diselingi main ke Digital Lounge Bogor, tetap saja bosan. Kalau hanya main tanpa tujuan, rasanya seperti orang kurang kerjaan *eh.

Melalui event, bisa juga mendapatkan teman baru. Seharusnya. That’s my biggest PR. Memang PR banget buatku yang tidak biasa haha-hihi dengan orang yang baru dikenal. Aku mah mending mengasesmen pasien. Huehehe.

Kalau ada event tentang cara berkomunikasi untuk orang kayak aku, aku mau banget. Kalau bayar, asalkan bayarnya tidak membuat dompetku menangis. ^^v

Pokoknya, sih, aku suka datang ke acara-acara. Bukan hanya event Blogger, tapi juga event lain selama aku bisa mendapatkan banyak informasi dan pengalaman menarik. Hal-hal tersebut kadang tidak bisa dibeli dengan apa pun.

 

You may also like...

24 Comments

  1. Leyla Hana Menulis

    Sepakat sama Fifah. Aku jg dateng utk senang2 wkwk

  2. waha syik ya, bisa ada teman banyak nantinya. dan enaknay bisa jalan2 jakarta -bogor naik kereta

  3. Kepengen bisa berpartisipasi event2 kyk gto syg euy kejauhan y di Jkt hehehe. Makasi infonya y mba ^^

  4. Selain dapet ilmu, dapet temen, dan melihat dunia selain disekitar kita

  5. Hihihi iya datang menyesuaikan waktu dan tema acara. Bahkan kadang ada acara yg datang tanpa undangan, yg berbayar gtu, kalau emang menarik buat dibagi ya ditulis di blog. Yg penting gak ngoyo dan menikmati. Apalagi emak2, biasanya dtng ke event niat utamanya me time, eh itu mah saya :))

  6. setuju pipah, ngga bisa dibeli deh event kopdar seperti kemarin bareng asinanblogger ya 🙂

  7. Sepanjang kamu senang, jalani aja. Menyambung silaturahmi gak pernah salah, dan biasanya ada aja rejeki yang entah kapan datangnya itu mampir. Happy meet up ya!

  8. Aku malah belum pernah dateng ke event apa pun,, hehehe

  9. Fifah, kita ketemu pertama pas Fun Blogging ya,

  10. Menjalin silaturhmi g ada ruginya ya mba… apa lg kalo dpt ilmu dan rejeki plus ktm temen 🙂

  11. Aku dateng ke event juga karena suka.Ada atau gak ada gudibeg juga nyantai kayak di panta, ahaha

  12. laili umdatul khoirurosida

    wah aku jadi malu, bertahun tahun blogging tapi belum pernah kopdar sama sekali. Hahaha
    harus nyoba kali ya sekali kali biar seru

  13. Asalkan naik keretanya nggak di jam-jam padat aja. Hehe.

  14. Toss, Mbak Leyla. 😀 #bukananakkuranghiburan

  15. Aaah. Kopdar Asinan Blogger emang kecee. :*

  16. Kalau acaranya worth it, berbayar pun hayu aja, ya, Mbak. ^^

  17. Betul banget, Mbak Een. 🙂

  18. #timnyantai, yeay! 😀

  19. Iya, Mbak. Maafin ya kalau aku suka kelihatan sok nggak kenal. Aku emang sering loading. Hehe.

  20. Iya banget, Mak Cantik. 🙂

  21. Yang penting tetap happy blogging. ^^v

  22. Ada juga kok blogger ngehits nggak pernah kopdar karena nggak mau ketahuan orangnya. Hehe.

  23. Iya, ya. Rejeki dalam bentuk apa pun itu. 🙂

  24. Bikin blogger dari kotanya ngehits, Mbak. Biar nggak usah jauh-jauh ke Jakarta. Hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *