Culinary, Reportage

Sharp Healsio: Memasak Praktis Hemat Air

 

 

“Ibu-ibu yang punya anak gadis dan udah punya calon, boleh nih Sharp Healsio jadi hadiah. Kalau ditanya calon mertua bisa masak nggak, jawabannya pasti bisa dong. Bikin rendang aja bisa. ‘Kan ada Sharp Healsio.”

Begitu kurang lebih yang dikatakan pembawa acara pada peluncuran Sharp Healsio 19 Juli 2017 lalu.

Zaman sekarang, mungkin “bisa memasak” bukan lagi menjadi indikator seorang perempuan. Walaupun begitu, nggak bisa dipungkiri memasak sendiri menjadikan kesehatan lebih terjamin. Karena itu, makanan rumah masih menjadi primadona.

Bagaimanapun, bagi masyarakat urban dengan segala kesibukannya, memasak sendiri bukanlah perkara mudah. Bukan sekadar bisa atau tidak bisa memasak. Tapi juga ada atau tidaknya waktu. Subuh sudah harus berangkat untuk menikmati kemacetan. Sampai rumah, matahari sudah turun dan maunya makanan sudah tersedia.

Memenuhi kebutuhan yang demikian, Sharp meluncurkan cookware baru yang dinamakan Sharp Healsio.

Zaman sudah canggih. Cookware modern bertebaran di mana-mana. Jadi, mengapa Sharp Healsio bisa menjadi primadona?

Waktu memasak bisa diatur

Bisa sangat cepat atau sangat lambat. Sangat cepat di sini bukan cepat banget seperti memasak mie instan, ya. Cukuplah memasak rendang yang seharusnya berjam-jam menjadi hanya 90 menit. Timer juga bisa diatur sangat lambat sekitar 12 jam. Bisa ditinggal tidur.

Hemat air

Masakan apa, sih, yang tidak perlu air? Kayaknya, hampir semua masakan memakai air. Sharp Healsio bisa tidak menggunakan tambahan air sama sekali. Bahkan, memasak kari pun bisa hanya menggunakan santan bubuk tanpa dilarutkan.

Kok bisa? Sharp Healsio menggunakan air dari bahan-bahan makanan. Air yang menguap dari bahan-bahan makanan berotasi di dalam alat tersebut dan menjadi pelembut makanan.

Yaa, kalau mau memasak soto atau sup tetap perlu air, sih. Mana mungkin ‘kan masakan ini bisa banjir hanya dengan air dari dalam bahan?

Ada 330 metode pengadukan

Pernah membaca resep masakan dan menemukan kalimat, “Aduk setiap sekian menit” atau “Aduk searah jarum jam” atau semacamnya? Tanpa perlu khawatir apakah adukan alat otomotis, akan sesuai dengan adukan manual, Sharp menyediakan 330 metode pengadukan pada alat ini.

Memasak di rumah nggak perlu lagi berkutat lama-lama di dapur. Cukup tekan tombol. Kesehatan keluarga pun akan lebih terjamin.

Apa Kata Ahli Gizi?

Betul nggak, sih, Sharp Healsio berdampak positif terhadap kesehatan terutama gizi? Sharp menghadirkan seorang ahli gizi, dr. Monica, pada acara ini.

Menurut beliau kondisi yang tanpa atau minim air tambahan menjadikan zat gizi yang terbuang karena terlarut air sedikit. Kondisi pemasakan yang tertutup meminimalkan zat gizi yang terbuang menjadi uap.

Kondisi tertutup ini juga menjadikan masakan lebih higienis. Kita tidak tahu apa yang ada dalam napas yang kita hembuskan. Apalagi, kalau tiba-tiba bersin, ‘kan? Kalau tempat memasak tertutup, nggak perlu khawatir virus masuk ke dalam makanan.

Apa Kata Seorang Chef?

Acara ini juga mengundang seorang chef, Chef Odie. Beliau sudah menjajal kemampuan Sharp Healsio untuk membuat kari.

Menurut beliau, rasa yang dihasilkan lebih intens. Hal ini dikarenakan masakan dibuat tanpa air tambahan.

Selain berbagi pengalaman, Chef Odie juga mempraktikkan cara menggunakan Healsio Automatic Cooking secara langsung. Kali ini, Chef Odie membuat rendang. Semua bahan tinggal dimasukkan, termasuk santai bubuk. Tutup alat. Nyalakan. Tunggu 90 menit.

Sambil menunggu, peserta yang datang diajak melakukan tantangan menggunakan Sharp Healsio. Ada 6 orang yang ikut serta, yang dibagi menjadi 3 kelompok. Semuanya diminta membuat risotto.

Di akhir sesi, benar saja. Semua peserta bisa membuat risotto dengan enak dan tekstur pas.

Tidak lama kemudian, rendang matang. Semua peserta diberi sampel hasil jadi. Menurutku, tekstur yang dihasilkan sudah lembut.

Selain rendang, ada juga kari dan selai dibagikan. Yup, selai. Sharp Healsio bisa digunakan untuk membuat selai.

Jangankan membuat selai, membuat kari saja aku tidak terpikirkan sebelumnya. Tapi, kalau ada Sharp Healsio, sepertinya bukan hal mustahil.

Zaman sekarang, kita dimanjakan dengan berbagai kemajuan teknologi. Memasak makanan sehat bukan lagi perkara sulit.

Sharp Healsio Automatic Cookware ini memiliki kapasitas 2.4 L,  dengan daya yang dibutuhkan 800 Watt. Harga yang dibanderol sekitar Rp7juta di Best Denki. Setiap pembelian mendapat buku menu berisi 115 menu masakan untuk diolah mengunakan Sharp Healsio.

1 Comment

  1. Memasak jadi lebih hiegenis, nah ini yang kadang terlewatkan

Leave a Reply

Required fields are marked*