tips-biaya-pernikahan

Uhuk. Boleh, kan, ya, sesekali membahas ini? Tahun ini, anak ’90-an makin banyak yang melangsungkan pernikahan. Di sisi lain, ada juga yang masih takut-takut. Pernikahan bukan sesuatu yang sebentar. Belum lagi, baru akan melangkah, sudah dihadapkan pada biaya dan segala rupanya.

Mengurus pernikahan memang menyita waktu, tenaga, materi, dan pikiran. Kini biaya pernikahan semakin melambung tinggi dan membuat kita harus lebih cermat mengelola keuangan. Bila kita menginginkan pesta pernikahan yang besar dengan mengundang banyak kenalan, sudah pasti biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

Selain tentang acara hari H, ada banyak biaya lain yang mesti kita catat dalam perencanaan pernikahan. Misalnya saja harga cincin pernikahan berlian atau emas yang nanti akan kita pilih. Biaya-biaya kecil yang kerap terlewatkan justru membuat biaya pernikahan yang dibutuhkan jadi semakin besar. Jadi, mulai sekarang kita harus mempelajari siasat ampuh ini untuk mengumpulkan biaya pernikahan dalam waktu singkat:

Membatasi Kencan di Luar Rumah

Kencan di luar rumah jelas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Berapa uang yang dikeluarkan untuk makan, jalan-jalan, nonton di bioskop, dan kegiatan kencan lainnya? Alangkah lebih baik kalau biaya kencan tersebut disisihkan untuk menambah biaya pernikahan yang sedang kita siapkan.

Untuk yang tidak berpacaran, mungkin tips pertama ini akan dicoret. Tapi, lihat lagi. Makan, jalan-jalan, nonton bioskop, ‘kan tidak melulu hanya dilakukan dengan pacar. Bisa saja dengan teman. Ada baiknya, hal itu juga dibatasi. Gunakan alasan yang dapat diterima dan tidak memutuskan komunikasi.

Mencari Pekerjaan Sampingan

Kalau pendapatan utama dirasa masih kurang untuk biaya pernikahan, bisa disiasati dengan cara mencari pekerjaan sampingan. Jalankan pekerjaan sampingan yang waktunya fleksibel dan tidak terlalu menguras tenaga. Ada banyak pekerjaan yang bisa dipilih, misalnya sebagai desainer freelance, online shop, atau penulis lepas di sela-sela waktu senggang. Kemudian simpanlah semua pendapatan dari pekerjaan sampingan sebagai tabungan biaya pernikahan.

pekerjaan-sampingan
Blogging juga bisa menjadi pilihan pekerjaan sampingan

Membeli Emas Sebagai Objek Investasi

Jika kita berencana menikah dalam waktu beberapa tahun ke depan, berarti kita masih punya waktu untuk berinvestasi. Salah satu investasi yang paling mudah dan minim risiko adalah emas. Membeli emas perhiasan atau emas batangan memang menjadi solusi investasi yang kian digandrungi masyarakat karena harga emas cenderung meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Kalau rencana menikah sudah dekat? Tetap boleh saja berinvestasi kalau dirasa perlu. Toh, mungkin harga emas akan naik ke depannya. Kadang-kadang, ini bisa berguna untuk biaya-biaya tak terduga.

Lebih Cermat Saat Belanja Online

Belanja online tidak selalu membuat kita jadi boros. Apalagi bila kita memilih untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di MatahariMall. Beragam produk kebutuhan kita mulai dari makanan, busana, gadget, sampai barang elektronik tersedia secara lengkap di MatahariMall. Kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam jika ingin berbelanja di toko online yang satu ini karena MatahariMall senantiasa memiliki penawaran harga istimewa dan promo cicilan 0%.

Mulai sekarang, yuk, kita terapkan empat siasat ampuh ini agar biaya pernikahan lekas terkumpul. Jangan lupa juga menyiapkan tabungan pasca menikah untuk kebutuhan keluarga kecil kita nanti.

You may also like...

6 Comments

  1. Udah si nikahnya tp tipsnya bisa jadi reminder. Terutama untuk urusan hemaaaat,hihi.

  2. cieee kayaknya udah ada tanda-tanda mau kesana nih mba fifah hehe, tips yang terkahir sampe sekarang masih aku praktekin soalnya belanja online menurutkun justru bisa jauh lebih hemat apalagi kalo rajin nyari kode voucher diskon 😀

  3. Ayoohh lakukan siasatnya, Mbak Fifah…. udah siap nih kayanya 😀

  4. Gak lg mo nikah sih, tp tips ini penting dan bisa diaplikasiin ke hal lain, misalnya aku yg lg mau ngumpulin dana liburan, hihihi

  5. uhuuuk *keselekjengkol*
    Meski gk bwt modal nikah bisa jg kyknya diaplikasikan untuk nabung beli macbook 😀

  6. Tipsnya oke nih Fah, bermanfaat buat yang muda-muda, khususnya yang mau nikah hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *