Siti

“Mazaya yang kosmetik itu?”

Ketika pertama kali bertemu dengan seseorang, hal apa yang biasa ditanyakan? Asal? Tempat tinggal? Pekerjaan? Mungkin pertanyaan yang diutarakan Mbak Siti kepadaku bukanlah pertanyaan umum yang muncul ketika pertama kali bertemu dengan seseorang. Karena itu, aku masih ingat pertanyaan tersebut.

Pertanyaan itu adalah pertanyaan pertama dari pertanyaan serupa yang kemudian aku temukan beberapa kali setelahnya. Waktu aku bertemu Mbak Siti, merek kosmetik Mazaya sepertinya belum begitu terkenal gaungnya. Ada rasa bangga, loh, Mbak Siti kenal merek ini padahal bukan aku yang punya. Haha.

Setelah Mbak Siti, ternyata cukup banyak juga yang bertanya demikian. Ada-ada saja, deh. Ngapain juga kan aku pakai nama merek kosmetik? Kecuali aku yang punya. Atau, memang mereka mengira aku yang punya? Huahaha.

Omong-omong, pertanyaan Mbak Siti itu dilontarkan ketika acara fashion show. Kebayanglah yang datang meliput adalah blogger yang cinta fashion, mungkin dengan gaya ala model-model di catwalk. Aku sampai mikir loh gimana harus berhubungan? Apalah aku, boro-boro main sama model catwalk. Main sama kucing saja takut.

Betapa leganya aku ketika yang datang adalah sosok low profile Mbak Siti Nurjanah atau yang di media sosial dikenal dengan Sie-thi Nurjanah. Saat itu, Mbak Siti mau momong blogger nubi kayak aku. Ingin peluk, rasanya. Huhu.

Sebagai nubi kepo, waktu itu, aku kepo juga blog Mbak Siti. Duluuuu banget blognya dominan warna hijau. Kesan pertamaku adalah: Mbak Siti suka jalan-jalan. Artikelnya banyak berhubungan dengan jalan-jalan. Eh, ternyata, setelah melihat media sosialnya, memang betul suka jalan-jalan.

Oh, ya, blog Mbak Siti sekarang ada di www.stnurjanahh.com. Blognya sudah banyak berubah sejak pertama kali aku kepo. Kesan hijau masih terasa, hanya saja hijaunya berbeda shade. Artikel di blognya pun sekarang lebih beragam. Ada kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Sejak pertama kali mendengar nama Mbak Siti, aku langsung suka. Nama yang terkesan sederhana. Tapiii, artinya sama sekali nggak sederhana. “Cahaya surga”, itu kan artinya, Mbak?

Arti nama ini pun diabadikan menjadi nama blog: The Light of Heaven. Makna yang mendalam.

Sie-thi nurjanah

Nama Selalu Berarti

Aku setuju dengan opini Mbak Siti tentang nama. Nama selalu mempunyai makna. Makanya, nggak ada tuh yang namanya “Apalah arti sebuah nama”. Setiap nama selalu berarti. Apa lagi, nama manusia. Orang tua nggak mungkin main-main ngasih nama, kan?

Yaaa, memang ada, sih, nama-nama orang yang agak absurd. Tapi, selama bisa memaknai nama itu, akan menjadi kesan baik, kan? Oke, ini pendapat sotoy dari seseorang yang namanya bagus *iya, saya narsis*.

Aku lebih percaya bahwa nama adalah doa. Setiap seseorang menyebut nama kita dengan benar, orang itu semacam mendoakan kita, kan? Makanya, aku paling nggak suka kalau ada yang manggil nama orang lain seenaknya. Apalagi, kalau lihat anak sekarang, kayaknya sudah menjadi kebiasaan banget menyebut teman dengan nama hewan atau kata-kata bodoh. Sedih. Huhu. Padahal, nama anak-anak sekarang bagus-bagus banget, loh.

Dan, aku rasa, mereka lebih dari sanggup untuk mengucapkan nama teman dengan benar. Mau nama dengan X, Q, F, V, Z dalam satu kata pun, aku yakin anak sekarang banyak yang fluent untuk kata-kata seperti itu. Tapi, itu, aku nggak habis pikir kenapa panggilan aneh yang justru terlontar.

Aku berharap banget banyak yang kayak Mbak Siti. Betul-betul memaknai nama. Bahkan, penggunaan nama alias pun nggak jauh-jauh dari nama asli. Dan, ejaan “Sie-thi” sebetulnya tercipta supaya berbeda dengan nama-nama Siti Nurjanah yang lain. Supaya mudah dicari.

Jadi, apa makna sebuah nama menurutmu?

 

You may also like...

3 Comments

  1. Terima kasih untuk ulasannya Afifah ^_^
    Karena nama itu menjadi identitas diri di kehidupan sosial, dan iya..pastinya memiliki makna

  2. Nama itu biasanya harapan yang ditanamkan. Entah menjadikan kebanggaan atau cita-cita.

  3. Betul. Nama adalah doa -harapan dari orang tua. Makanya saya dulu hati hati sekali menyusun nama anak. Btw apik sekali blognya Mbak. Makasi sudah difollow di IG. Salam kenal ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *