Culinary

Tips Belanja Bahan Makanan Online demi Ramadan Ekstra Hemat

 

Dari dulu, aku bingung kenapa hampir setiap Ramadan, banyak orang mengeluh pengeluarannya justru meningkat? Biasanya, ini berhubungan dengan makan. Kok kesannya malah jadi banyak makan dan jajan?

Nggak bisa disangkal, sih. Pengeluaran untuk buka puasa memang bisa jadi cukup besar. Yang biasanya nggak jajan es buah, jajan es buah. Yang biasanya nggak jajan kue pasar, jajan kue pasar. Apa lagi, kalau yang mudah lapar mata.

Di sisi lain, harga bahan makanan juga memang suka naik di bulan Ramadan, ya? Permintaan naik, jadilah harga ikut naik. Sudah hukum alam.

Tapi, kalau bisa “manajemen keinginan”, kayaknya nggak kerasa deh harga-harga naik. Ramadan kan harusnya jadi bulan detoks, bukan bulan kalap. Hehe. Oke. Itu kesotoyan aku, sih. Nah, ini kesotoyan aku yang lain. Aku mau kasih tips belanja hemat. Yaiya dong belanja online. Menurut pengalamanku, belanja online lebih hemat.

Kali ini, tips terutama adalah tips belanja bahan makanan online, demi Ramadan Ekstra hemat, dong:

1. Pilih Lokasi Terdekat

Pertama, makin dekat lokasi, makin murah ongkos kirim, kan? Kedua, beberapa jenis bahan makanan kan rentan rusak. Jadi, harus segera sampai supaya bisa disimpan dengan baik dan benar.

2. Bandingkan Antartoko di Tokopedia

Pasti mau cari yang paling murah, dong? Gunakan fitur Urutkan. Jangan lupa juga lihat lokasi. Jadi, bandingkan harga toko+ongkir. Jangan sampai malah jadi lebih mahal gara-gara ongkis kirim yang di luar perkiraan.

Selain itu, pemilihan produk lokal juga bisa menjadi alternatif. Biasanya, harganya lebih murah. Kualitas pun kurang lebih sama.

3. Tentukan Prioritas Bahan

Kadang-kadang, memang suatu toko nggak menyediakan semua. Apa lagi, kalau makanan yang ingin dibuat memang agak ajaib. Samalah kayak toko konvensional. Kita perlu muter-muter dari satu toko ke toko lain untuk melengkapi barang yang diinginkan. Di toko online pun demikian.

Makanya, memprioritaskan bahwa itu perlu. Aku sih lebih memprioritaskan bahan yang nggak mudah ditemukan di swalayan. Kalau ada toko yang menjual hampir semua yang diinginkan tapi bahan utama malah nggak ada? Yaaa, beli saja. Bahan utama cari di toko lain. Toh, kalau di toko biasa pun, kalau harus hinggap dari satu toko ke toko lain perlu ongkos dan tenaga. Belum lagi soal waktu, kan?

4. Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa

Nah, ini. Perhatikan kapan kedaluwarsa dan apakah sekiranya sudah akan habis sebelum tanggal tersebut? Jangan mudah tergiur kalau harga beda jauh lebih murah daripada di toko lain. Bisa jadi karena tanggal kedaluwarsa sudah dekat. Kalau akan langsung digunakan sih, nggak masalah. Kalau niat untuk disimpan lama, kan sayang. Banyak kok toko yang menyediakan barang serupa dengan harga murah dan tanggal kedaluwarsa masih lama. Biasanya, penjual mencantumkan tanggal kedaluwarsa di bagian deskripsi.

Ramadan Ekstra

5. Perhatikan Kehalalan

Kan mau Ramadan Ekstra hemat. Mau juga dong Ramadan Ekstra berkah? Selalu cek lebih dulu di data halal MUI, ya, kalau bahan yang diinginkan memang baru kali ini digunakan. Juga, belajar untuk mencari bahan pengganti kalau bahan yang dimaksud nggak ada versi halal. Misalnya, mau membuat sushi. Aslinya kan bahan rendaman nasinya pasti tidak halal. Tapi, ada loh pengganti versi halalnya yang sudah sah oleh MUI. Yuk, yuk, belajar.

6. Pilih Metode Pengiriman Sesuai Jenis Barang

Karena bahan makanan rentan banget, jadi memilih metode pengiriman penting banget. Kalau bahan kering kayak terigu dan gula, masih bisa memakai metode pengiriman paling murah. Kalau yang basah seperti puff pastry, sudah tentu perlu pengiriman kilat. Biasanya, sih, penjual juga mencantukam hal semacam itu di bagian deskripsi.

7. Gunakan Metode Pembayaran Paling Mudah

Kayak Tokopedia sih enak. Pilihan metode pembayaran banyak. Pilihan bank beragam. Beberapa swalayan juga melayani pembayaran untuk Tokopedia. Pilih saja, deh, yang mana yang paling muda versimu. Kayak tempo hari, aku kan prefer bayar via ATM. Waktu aku ke swalayan, ada orang yang sedang membayar ke Tokopedia via swalayan itu. Jadi, preferensi memang berbeda-beda.

8. Peka Terhadap Promo dan Diskon

Ini sih nggak perlu dibilang, ya. Lihat banner ada angka 50% juga sudah bikin penasaran, kan? Nah, Tokopedia juga bikin promo untuk bulan Ramadan. Program Ramadan Ekstra Tokopedia bisa bikin Ramadan makin hemat.

Ada flash sale, kupon-kupon, bahkan cashback. Bahkan, akan ada kejutan di tanggal 25 Mei.

Ramadan Ekstra

Aku penasaran, kejutan apa kira-kira? Apakah bisa untuk Lebaran? Hehe. Sekarang, sih, cuma tinggal tunggu saja. Sambil siap-siap, barangkali kejutan sesuai keinginan dan kebutuhan.

Jadi, kalau Ramadan bisa Ekstra hemat, kenapa nggak?

 

You may also like...

5 Comments

  1. jangan sampai kelewat yaaa diskonnya. Dan juga disiplin biar tetap hemat. Cheeers

  2. Aku dong, lebih suka belanja online kalo Ramadan dan jelang lebaran. Males pergi2 euy.
    Aku juga nungguin nih, ada apa di tanggal 25 Mei nanti

  3. Latifika Sumanti

    Ok, 25 Mei ya mba, hihi, aku catet di kepala krn lumayan banyak repitisinya dari tv dan blog2. Mudahan menang banyak di sini 😀

  4. Tapi sebelnya beli makanan minuman online gitu, kadang ga disebutin expired nya sampai kapan… udah gitu pas chat seller ga dibalas balas sampai flash sale nya habis hehehe *curhat*

  5. Nah, tanggal kadaluarsa paling penting ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *