Opinion

Tips Beli Lampu Hias untuk Memperindah Bagian Dalam dan Luar Ruangan Rumahmu

Tips-beli-lampu-hias

Lampu hias adalah salah satu jenis furniture khusus yang bisa ditempatkan di dalam maupun luar ruangan. Fungsinya hampir sama seperti lampu pada umumnya, yaitu sebagai alat penerangan. Tapi, jenis lampu ini mempunyai desain lebih unik dan menarik. Keberadaannya mampu mengubah suasana ruangan yang ditempatinya.

Sebelum membeli, ketahui cara memilih lampu hias sesuai dekorasi rumah

Apa pun yang dipilih sembarangan, kebanyakan hasilnya akan kurang memuaskan. Termasuk memilih lampu hias. Bisa jadi keberadannya malah merusak suasana ruangan tersebut. Nah, supaya menghindari hal-hal tersebut, mungkin beberapa pertimbangan berikut bisa membantu:

Bahan

Material pembuatan furniture hias banyak ragamnya. Mulai dari kristal, plastik, stainless steel, juga kaca. Bahkan, saat ini ada juga yang menggunakan bahan alam seperti rotan, bambu, daun, dan lain sebagainya. Pemilihan bahan dapat disesuaikan dengan konsep ruangan. Misalnya, pilih material besi untuk tata lampu rumah minimalis.

Model

Bila item pilihan akan diletakkan di ruangan-ruangan umum seperti ruang tamu, pilihlah model lampu hias gantung. Desain menggantung dapat menambah kesan menarik pada ruangan.

Ukuran

Gunakan ukuran ruangan sebagai patokan utama. Semakin luas ruangan tersebut, pencahayaan yang dibutuhkan akan semakin besar pula. Hal ini juga berlaku untuk sebaliknya.

Harga

Bagi sebagian orang, poin ini adalah faktor utama. Semakin rumit desain dari furniture hiasan tersebut, biasanya harganya juga akan makin mahal. Jadi pilih harga sesuai bujetmu.

Tips beli lampu hias

Apa keunggulan lampu hias handmade dan pabrikan?

Sekarang, produk handmade semakin digemari. Mengapa produk handmade lebih banyak digemari daripada produk pabrikan? Termasuk produk seperti lampu hias. Kebanyakan orang akan lebih puas kalau furniture miliknya dibuat secara handmade. Ini beberapa alasannya:

Unsur Keunikan

Kekuatan utama dari item penghias ruangan adalah unsur keunikannya. Semakin menarik dan berbeda desain lampu, akan semakin menonjol pula keberadaannya. Kalau suatu barang dibuat secara handmade, barang tersebut hanya diproduksi beberapa saja. Dan, itu adalah poin penting untuk memilih furniture.

Kualitas Ketahanan

Karena barang-barang handmade dibuat dalam jumlah terbatas, kontrol kualitas dari tiap barang tersebut kemungkinan besar terjaga. Berbeda dengan barang pabrikan yang setiap sekali produksi bisa mencapai ribuan.

Harga

Kalau poin keunikan dan kualitas sudah terbukti bagus, apakah kamu akan kecewa kalau harus membayar sedikit lebih banyak untuk hal tersebut? Kebanyakan orang pasti akan berkata tidak. Kalau dihitung berdasarkan daya tahan barang, sedikit biaya lebih tersebut akan dirasa setimpal.

Pasar online dengan pengrajin lampu hias berkualitas dan pasti awet

Salah satu permasalahan mendapatkan barang-barang handmade adalah di mana tempat menemukannya. Dibutuhkan sedikit usaha lebih keras kalau kamu tidak punya teman yang tau tentang barang-barang handmade. Tapi, permasalahan tersebut sekarang sudah bisa diatasi dengan lebih mudah. Qlapa, namanya. Tempat ini adalah tempat berkumpulnya pengrajin Nusantara.

Di Qlapa, seluruh produk dipasok langsung dari pengrajin. Berikut dengan merk dagang mereka sendiri. Sebelum dipasarkan pun, kualitas produk tersebut dikurasi terlebih dahulu dengan standar yang tinggi. Karena dipasok langsung, harga dari produk handmade ini lebih terjangkau.

Kalau ingin menambahkan sedikit perubahan khusus terhadap produk, kamu juga bisa melakukan pre-order. Setiap transaksi yang kamu lakukan pun sudah mendapat jaminan keamanan. Baik itu mulai dari proses pemesanan, pembayaran, hingga pembatalan dan pengembalian barang pesanan. Semuanya sudah diatur sedemikian rupa, untuk memuaskan setiap pelanggannya.

Rekomendasi lampu hias yang berhasil membuat jatuh cinta

Seperti halnya furniture penghias ruangan lainnya, model serta desain lampu hias sangat beragam. Selama pengrajin masih terus berinovasi dengan ide-ide uniknya, selama itu ragam model baru akan terus bermunculan. Berikut adalah beberapa rekomendasi model berdasarkan material pembuatnya.

Kayu dan Rotan

Kalau dulu kayu hanya berakhir sebagai produk furniture seperti kursi, meja, lemari, dan semacamnya, sekarang tidak lagi. Bekas potongan kayu tidak berguna pun bisa disulap menjadi furniture penghias bernilai seni tinggi. Tidak terkecuali sebagai furniture penerang ruangan.

 

Besi

Material besi merupakan material paling umum yang digunakan sebagai bahan pembuat furniture hiasan. Selain karena tahan lama, kesan yang diberikan kental dengan suasana klasik. Cocok untuk  tata lampu rumah minimalis dengan konsep ruangan bernuansa kalem dan minimalis.

Kaca

Material ini juga sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan furniture hias. Sifat kaca yang mudah dibentuk semakin membuat kreasi pengrajin tak terbatas. Bahkan kini muncul desain-desain lucu seperti desain bohlam dengan tulisan pada bagian dalamnya.

Tips memperindah taman dengan lampu hias

Dari tadi pembahasannya berkutat mengenai furniture penghias dalam ruangan, sekarang saatnya membahas penghias untuk luar ruangan. Taman, misalnya. Apakah kriteria yang diperlukan sama? Tentunya berbeda.

Pertama, pilih furniture penerangan yang memiliki pelindung dari hujan.

Hal ini dikarenakan letak furniture yang memang ada di luar ruangan. Jadi, pelindung ini berfungsi untuk menjaga furniture tetap bekerja sebagaimana mestinya.

lampu hias taman

Kedua, pertimbangkan tingkat penerangannya.

Bila taman yang kamu miliki cukup luas, maka cari lampu dengan tingkat penerangan yang cukup tinggi pula. Atau, bisa diakali dengan meletakkan beberapa lampu kecil mengelilingi taman.

Ketiga, pilihan warna.

Usahakan cahaya pancaran lampu memiliki warna senada dengan nuansa taman, atau paling gampangnya dengan warna cat tembok rumahmu.

Setelah semua tips beli lampu hias di atas, sudahkah mempunyai pertimbangan lampu hias mana yang akan dipilih? Apa pun itu, semoga sesuai dengan konsep rumah dan menjadikannya unik serta menarik.

You may also like...

5 Comments

  1. sekarang di toko banyak lampu hias yang keren dan unik dg model yang bervariasi dan tentu jd susah milihnya

  2. Ya Allah Mba dari gambarnya aku mupeng banget. Tapi langsung mikir. Kayaknya kalau punya lampu bagus gtu, harud nunggu aq punya asisten rumah tangga dulu. Buat ada yang bantuin bersih-bersihnya. Maklum kurang kepegang nih aq bersih-bersih rumahnya. Kan ga lucu lampu hiasnya lucu tapi rumahnya kotor T_T

  3. dlu smpt pengen beli lava lamp gara2 film finding nemo, haha

  4. Cantik ya yang mirip jamur keceee

  5. Lucu, aku suka yang berbentuk jamur, keliatan hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *