Tentunya kita terbiasa memakai jam tangan, entah memang hanya untuk penunjuk waktu atau sekaligus penambah gaya penampilan. Bahkan mungkin sebagian dari kita memiliki banyak koleksi jam tangan, tapi apakah jam-jam berikut sudah ada dalam koleksi kita?
Jam Tangan Termahal di Dunia

Joaillerie 101 Manchette.Jam tangan termahal di dunia (mungkin akan ada yang lebih mahal). Jam yang sangat indah ini dibuat oleh Jaeger-LeCoultre. Jam berbentuk gelang ini berwarna perak dengan batu kristal safir dan winding crown di bagian belakangnya. Jam ini juga terbuat dari emas putih 18 karat. Jam ini tersedia dalam dua macam: dengan 576 berlian atau 400 berlian dan 11 onyx cabochons. Hingga saat ini belum diketahui berapa harga jam yang very lux tersebut, saking mahalnya!
Jam Tangan Fosil

Jam tangan berbahan stainless steel atau logam lainnya? Sudah biasa. Jam tangan satu ini berbahan tulang dinosaurus, Jurassic Tourbillon Watch. Pembuatnya adalah Louis Moinet. Jam ini dibuat dari tulang Diplodocus, jenis dinosaurus pemakan tumbuhan yang hidup di Amerika Utara pada akhir periode Jurassic .  Selain dibuat dari tulang dinosaurus, jam ini juga terbuat dari emas putih 18 karat dan 56 berlian 3,6 karat. Untuk itu, kita harus merogoh saku sangat dalam jika ingin memilikinya. Kabarnya, jam ini dihargai US$ 150.000, sekitar Rp 1,5 miliar. Jam ini hanya dibuat sebanyak 12 buah.
Jam Tangan Terkecil di Dunia

Timex TX54adalah salah satu konsep desain dalam kompetisi desain global yang diselenggarakan oleh Timex dengan kolaborasi bersama Core77.  Jam tersebut adalah jam terkecil di dunia. Bentuk transparannya dan sebesar kuku jari tangan. Untuk memakainya hanya perlu diletakkan di ujung kuku jari tangan. Untuk mengaktifkannya atau mengecek waktu hanya perlu disentuh oleh kuku jari lain. Hmmm.. mungkin jam ini bisa menjadi pengganti kuku palsu, ya?
Jam Tangan Mata-mata

Jam tangan untuk mata-mata ini tersedia dalam berbagai pilihan. Salah satunya adalah seri SW-018-2. Sebagai jam mata-mata, jam SW 018-2 ini dilengkapi kamera beresolusi 1280×1024. Jam ini juga dapat merekam video berformat AVI dengan resolusi 640×480 VGA. Battery power-nya dapat tahan hingga 60 menit. Jam ini juga dilengkapi memory storage 4 GB. Untuk seri SW-018-2, harganya sekitar Rp465.000. Selain jam analog, spy watch juga tersedia versi digitalnya.
Jam Tangan yang Berotasi
Biasanya jam tangan selalu digerakkan oleh tenaga baterai, tapi jam tangan satu ini berbeda,  jam ini tidak menggunakan baterai. Pada jam ini ditanamkan sistem mekanisme rotasi beberapa roda dalam satu periode waktu sehingga meminimalisir kesalahan perhitungan waktu akibat pengaruh gravitasi yang berubah-ubah akibat perubahan posisi jam saat digunakan. Teknologi tersebut dinamakan tourbillon. Jam yang diberi nama Cabestan Winch Tourbillon Vertical ini dibandrol dengan harga antara US$275.000, atau sekitar Rp 2,9 miliar hingga US$400.000, atau sekitar Rp 4,1 miliar. Saat ini, selain Cabestan Winch Toubillon Vertical, sudah ada seri lainnya yaitu, Cabestan Nostromo, Sol Invictus, dan untuk penggemar Ferrari ada Scuderia Ferrari One.
Jam Tangan Tanpa Angka atau Simbol
Yang membedakan jam tangan bernama Horodron HD-02 ini dengan jam tangan lain adalah jam tangan ini tanpa angka. Lalu, bagaimana kita mengetahui waktunya? Caranya mudah. Baris pertama yang terdiri dari dua belas kotak menunjukkan jam, baris ketiga menunjukkan menit dalam puluhan, dan baris ketiga menunjukkan menit dalam satuan. Lampu-lampu yang menyala dalam kotak-kotak itulah yang menunjukkan waktu dari jam tersebut. Jadi, kalau baris pertama sepuluh lampu yang menyala, baris kedua dua lampu yang menyala, dan baris ketiga lima lampu yang menyala, jam itu menunjukkan pukul 10:25. Jam tangan unik tersebut merupakan karya dari Jonathan Frey.
Jam Tangan Anti Malaria
Di Afrika, malaria adalah salah satu penyebab utama kematian penduduknya. 90% penduduk sub-Sahara meninggal akibat terjangkit malaria. Pendeteksian penyakit tersebut sejak dini sangatlah diperlukan. Terdorong alasan tersebut, seorang penemu asal Afrika Selatan, Dr. Gervan Lubbe, memperkenalkan alat pendeteksi malaria berupa jam  tangan. “Alat tersebut akan memberitahukan adanya parasit yang harus diberantas secepatnya – bahkan apabila Anda hanya merasa seperti gejala flu saja – sehingga kemungkinan pasien mengalami sekarat relatif nol,” kata Dr. Lubbe. Alat tersebut menusukkan jarum berukuran sangat kecil empat kali sehari untuk mengambil sampel darah. Jika ditemukan parasit lebih dari 50, alarm pada jam tersebut akan berbunyi dan lampu di bawah gambar nyamuk akan menyala merah. Harga sebuah jam tangan pendeteksi malaria tersebut adalah US$ 280.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *