Travel

Wisata Baru Yang Sedang Hits di Jawa Timur, Sudah Pernah ke Sini?

 

Wisata di Jawa Timur memang nggak ada matinya. Hampir semua kota di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki tempat indah yang memikat. Bukan hanya tempat-tempat wisata lama yang sudah terkenal seperti Gunung Bromo, Kawah Ijen, Puncak Semeru, atau pantai-pantai menawan seperti G Land dan Pasir Putih. Jawa Timur juga mempunyai pesona baru yang belakangan sedang hits di kalangan wisatawan.

Beberapa di antara tempat ngehits baru ini mungkin belum pernah kamu kunjungi. Dan bisa jadi tujuan wisata alternatif supaya beda dengan wisatawan lainnya yang liburan ke Jawa Timur.

Jawa Timur Park 3, Batu

Sumber: lelungan.net

Pilihan baru untuk menikmati liburan bersama keluarga adalah Jawa Timur Park 3 yang berada di Kota Batu. Berbeda dengan Jatim Park 1 dan 2 atau Museum Angkut, Jatim Park 3 memiliki banyak wahana yang bisa jadi tempat selfie kekinian dan instagramable banget.

Di dalam Jawa Timur Park 3 terdapat Dino Park, Museum Musik Dunia, dan banyak lagi wahana menarik yang berbeda dari taman bermain lainnya. Lokasinya pun lebih mudah dijangkau, baik dengan kendaraan umum ataupun dengan kendaraan pribadi karena posisinya tepat di jalur utama Malang-Batu.

Pohon Trinil, Lamongan

Sumber: kompas.id

Penasaran apa itu pohon trinil? Langsung saja berangkat ke Lamongan naik kereta api Kertajaya. Pohon ini unik, dengan bentuk yang berbeda dari kebanyakan pohon lainnya di Indonesia. Karena keunikannya pula, belakangan pohon trinil ini jadi destinasi utama wisatawan yang liburan ke Lamongan.

Kampung Warna-Warni Kenjeran, Surabaya

Selain bentuknya unik, kawasan di sekitar pohon trinil juga sangat instagramable. Siapkan baju terbaikmu dan abadikan momen di pohon unik yang terletak di Desa Lembor, Brondong, Lamongan ini.Β Tak mau kalah dari Malang dan Semarang, Surabaya juga memiliki kampung warna-warni yang terletak di Kenjeran. Seperti di kota-kota lainnya, kampung Kenjeran yang disulap jadi berbagai warna ini dulunya amat kumuh. Konsepnya kurang lebih sama dengan Kampung Warna-warni di Malang.

Kampung Warna-warni Malang. Sumber: mesikapw.com

Dengan bantuan cat yang menarik dan lingkungan yang diatur lebih rapi, kini kampung warna-warni Kenjeran menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Pahlawan. Jadi, makin banyak pilihan Kampung Warna-warni di Jawa Timur. Mau yang dekat Malang, atau dekat stasiun kereta api yang melayani kereta Kertaya. Dari Stasiun Surabaya Pasarturi, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum menuju kampung ini.

Keboen Kopi Karanganyar, Blitar

Sumber: keboenkopikaranganjar.com

Selain punya Kampung Coklat, Blitar sekarang juga punya Keboen Kopi Karanganyar yang juga menarik untuk dikunjungi. Terletak di Dusun Karanganyar Timur, Desa Modangan, Nglegok, Blitar, kebun kopi yang dulunya hanya berupa lahan pertanian ini sekarang berubah menjadi tempat wisata.

Yang menjadi ikon dari tempat ini adalah sebuah rumah tua yang membuatmu merasa seperti terlempar ke masa lalu. Bangunan ini dijaga dengan baik, dan selalu jadi tempat menarik untuk berfoto dan dipajang di media sosial.

Gili Ketapang

Wisata jawa timur

Selain Pantai Boom, Jawa Timur juga punya banyak pilihan tempat wisata lain yang nggak kalah cantiknya. Salah satunya adalah Gili Ketapang, sebuah pulau dan desa kecil di Selat Madura.

Untuk menuju ke tempat ini, kamu bisa menumpang kereta api Kertajaya dan turun di Surabaya. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum, seperti bus, menuju Probolinggo. Dari sana, kamu tinggal menumpang perahu atau kapal cepat.

Perjalanan yang harus kamu tempuh memang cukup jauh, tetapi sepadan dengan pemandangan indah yang diberikan oleh Gili Ketapang. Cantiknya pantai ini, wajib dipamerkan di media sosial supaya semakin hits!

Jadi, destinasi mana yang menurutmu wajib dikunjungi?

You may also like...

12 Comments

  1. Kampung warna-warni itu sekarang ada di mana mana ya mba, saya di Semarang juga ada yang begitu. Namanya kampung pelangi.
    Mungkin kalau spot yang unik itu Pohon Thrinil, tapi belum kesampean nih ke Jatim πŸ™

  2. Dulu tahun 2008 pernah ke Surabaya. Cuma masih kuliah, gak punya uang plus cuma ikutan abang sepupu wisudaan. Jadinya gak bisa eksplore jawa timur. Semoga ada kesempatan lagi bisa main ke sana. Pengen bawa anak ke dino park πŸ˜€

  3. Asli keren kereeeen. Banyak yang aku belum pernah kunjungi πŸ™‚

  4. yah, saya belum pernah berkunjung ke semua tempat.
    penasaran sekali mau mampir ke Gili Ketapang. kira2 dari Surabaya berapa jam baru bisa sampai sana mbak?
    terima kasih sudah sharing, salam kenal πŸ™‚

  5. Dari semua yg disebutin baru Surabaya aja yg lain blum next mau coba explore insyaAllah dh kngen traveling

  6. Aku tuh pengen ke Jatim Park 3 tapi nggak punya saudara yang masih kecil2 πŸ™ Ortu diajak udah nggak mau haha

  7. Aku kira Kamping Warna-Warni hanya ada di Malang.
    Ternyata Kenjeran pun sudah warna-warni yaa…

    Cantiknya Surabaya…
    Eh Jawa Timur.

  8. Saya cuma pernah ke jatim park 2 pas ke batu. Banyak banget sih ya tempat wisata di jatim. Nggak habis-habis dikunjungi

  9. Wah, udah ada Jatim Park 3 sekarang, ini bisa seharian kayaknya ngabisin waktu keliling di Jatim Park

  10. serius itu jatim park udah ada yang ketiga? hmm boleh nih main ke sana. Udah lama ga mampir ke Batu.

  11. hwaaaa jadi pengen piknikkkk ke jawa timur, tunggu akuuuu kampung warna warni, mau pepotoannn ahh πŸ˜€

  12. Kampung Warna warni itu kek di Busan, Korsel deh. Cantiknya… besok2 mudah2an ada rejeki ke sana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *